Manajemen Resiko Dan
Asuransi
A. Ruang Lingkup Manajemen
Resiko
a) Penentuan konteks kegiatan yang
akan dikelola resikonya
Menetapkan strategi, kebijakan organisasi dan ruang lingkup
manajemen risiko yang akan dilakukan.
b) Identifikasi resiko
Mengidentifikasi apa, mengapa dan bagaimana faktor-faktor yang
mempengaruhi terjadinya risiko untuk analisis lebih lanjut. Teknik-teknik yang
dapat digunakan dalam identifikasi resiko antara lain:
1) Brainstorming
(pengungkapan Pendapat)
2) Survey
3) Wawancara
4) Informasi
historis
5) Kelompok
kerja
c) Analisis resiko
Dilakukan dengan menentukan tingkatan probabilitas dan
konsekuensi yang akan terjadi. Kemudian ditentukan tingkatan risiko yang ada
dengan mengalikan kedua variabel tersebut (probabilitas X konsekuensi).
d) Evaluasi resiko
Evaluasi Risiko adalah membandingkan tingkat risiko yang telah
dihitung pada tahapan analisis risiko dengan kriteria standar yang digunakan.
Hasil Evaluasi risiko
diantaranya adalah:
1) Gambaran
tentang seberapa penting risiko yang ada.
2) Gambaran
tentang prioritas risiko yang perlu ditanggulangi.
3) Gambaran
tentang kerugian yang mungkin terjadi baik dalam parameter biaya ataupun
parameter lainnya.
4) Masukan
informasi untuk pertimbangan tahapan pengendalian.
e) Pengendalian resiko
Melakukan penurunan derajat probabilitas dan konsekuensi yang
ada dengan menggunakan berbagai alternatif metode, bisa dengan transfer risiko,
dan lain-lain.
f) Monitor dan Review
Monitor dan review terhadap hasil sistem
manajemen risiko yang dilakukan serta mengidentifikasi perubahan-perubahan yang
perlu dilakukan.
g) Koordinasi dan komunikasi
Komunikasi dan konsultasi dengan pengambil keputusan internal
dan eksternal untuk tindak lanjut dari hasil manajemen risiko yang dilakukan.
B. Penanggulangan Resiko
Menurut sumber/penyebab timbulnya :
1. Risiko intern
Yaitu risiko yang berasal dari dalam perusahaan itu
sendiri, seperti kerusakan aktiva karena kesalahan karyawan, kecelakaan kerja.
2. Risiko ekstern
Yaitu risiko yang berasal dari luar perusahaan,
seperti pencurian, persaingan dalam bisnis, fluktuasi harga, dan sebagainya.
CARA PENANGGULANGAN RESIKO
Upaya penanggulangan risiko berdasar pada sifat dan
objek yang terkena risiko ada beberapa cara untuk menanggulangi atau
meminimumkan risiko, sebagai berikut:
a. Mengadakan pencegahan dan pengurangan terhadap
kemungkinan terjadinya peristiwa yang menimbulkan kerugian.
b. Melakukan retensi, yakni mentolerir terjadinya
kerugian.
c. Melakukan pengendalian terhadap risiko
d. Mengalihkan risiko kepada pihak lain (asuransi)
C. Manfaat
Manajemen Risiko
Manfaat yang diperoleh dengan menerapkan manajemen resiko antara lain (Mok et al., 1996)
Berguna untuk mengambil keputusan dalam menangani masalah-masalah yang rumit.
- Memudahkan estimasi biaya.
- Memberikan pendapat dan intuisi dalam pembuatan keputusan yang dihasilkan dalam cara yang benar.
- Memungkinkan bagi para pembuat keputusan untuk menghadapi resiko dan ketidakpastian dalam keadaan yang nyata.
- Memungkinkan bagi para pembuat keputusan untuk memutuskan berapa banyak informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah.
- Meningkatkan pendekatan sistematis dan logika untuk membuat keputusan.
- Menyediakan pedoman untuk membantu perumusan masalah.
- Memungkinkan analisa yang cermat dari pilihan-pilihan alternatif.
Menurut Darmawi, (2005, p. 11) Manfaat manajemen risiko yang diberikan terhadap perusahaan dapat dibagi dalam 5 (lima) kategori utama yaitu :
a. Manajemen risiko mungkin dapat mencegah perusahaan dari kegagalan.
b. Manajemen risiko menunjang secara langsung peningkatan laba.
c. Manajemen risiko dapat memberikan laba secara tidak langsung.
d. Adanya ketenangan pikiran bagi manajer yang disebabkan oleh adanya perlindungan terhadap risiko murni, merupakan harta non material bagi perusahaan itu.
e. Manajemen risiko melindungi perusahaan dari risiko murni, dan karena kreditur pelanggan dan pemasok lebih menyukai perusahaan yang dilindungi maka secara tidak langsung menolong meningkatkan public image.
Manfaat manajemen risiko dalam perusahaan sangat jelas, maka secara implisit sudah terkandung didalamnya satu atau lebih sasaran yang akan dicapai manajemen risiko antara lain sebagai berikut ini (Darmawi, 2005, p. 13).
a. Survival
b. Kedamaian pikiran
c. Memperkecil biaya
d. Menstabilkan pendapatan perusahaan
e. Memperkecil atau meniadakan gangguan operasi perusahaan
f. Melanjutkan pertumbuhan perusahaan
g. Merumuskan tanggung jawab social perusahaan terhadap karyawan dan masyarakat.
Manfaat yang diperoleh dengan menerapkan manajemen resiko antara lain (Mok et al., 1996)
Berguna untuk mengambil keputusan dalam menangani masalah-masalah yang rumit.
- Memudahkan estimasi biaya.
- Memberikan pendapat dan intuisi dalam pembuatan keputusan yang dihasilkan dalam cara yang benar.
- Memungkinkan bagi para pembuat keputusan untuk menghadapi resiko dan ketidakpastian dalam keadaan yang nyata.
- Memungkinkan bagi para pembuat keputusan untuk memutuskan berapa banyak informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah.
- Meningkatkan pendekatan sistematis dan logika untuk membuat keputusan.
- Menyediakan pedoman untuk membantu perumusan masalah.
- Memungkinkan analisa yang cermat dari pilihan-pilihan alternatif.
Menurut Darmawi, (2005, p. 11) Manfaat manajemen risiko yang diberikan terhadap perusahaan dapat dibagi dalam 5 (lima) kategori utama yaitu :
a. Manajemen risiko mungkin dapat mencegah perusahaan dari kegagalan.
b. Manajemen risiko menunjang secara langsung peningkatan laba.
c. Manajemen risiko dapat memberikan laba secara tidak langsung.
d. Adanya ketenangan pikiran bagi manajer yang disebabkan oleh adanya perlindungan terhadap risiko murni, merupakan harta non material bagi perusahaan itu.
e. Manajemen risiko melindungi perusahaan dari risiko murni, dan karena kreditur pelanggan dan pemasok lebih menyukai perusahaan yang dilindungi maka secara tidak langsung menolong meningkatkan public image.
Manfaat manajemen risiko dalam perusahaan sangat jelas, maka secara implisit sudah terkandung didalamnya satu atau lebih sasaran yang akan dicapai manajemen risiko antara lain sebagai berikut ini (Darmawi, 2005, p. 13).
a. Survival
b. Kedamaian pikiran
c. Memperkecil biaya
d. Menstabilkan pendapatan perusahaan
e. Memperkecil atau meniadakan gangguan operasi perusahaan
f. Melanjutkan pertumbuhan perusahaan
g. Merumuskan tanggung jawab social perusahaan terhadap karyawan dan masyarakat.
D.
Manfaat Asuransi Dalam Kegiatan Ekonomi Dan Sosial
1. Memberi
Rasa Aman
Dalam aspek psikologis mungkin diwujudkan dalam
sikap atau mungkin pula menimbulkan sikap baru, karena mereka menghendaki
adanya alat pemuas terhadap keinginannya (akan rasa aman).
Bila keinginan tersebut tidak terpuaskan maka hal
tersebut akan menimbulkan ketegangan, yang dapat menimbulkan reaksi-reaksi yang
tidak sehat. Artinya bila rasa aman tidak terpenuhi reaksinya mungkin akan
berbentuk rasa kekhawatiran, ketakutan terhadap ketidak-pastian.
2. Melindungi
Keluarga Dari Perpecahan
Perusahaan asuransi jiwa akan memberikan santunan
bila tertanggung meninggal dunia pada saat kontrak.
Suatu yang benar-benar tepat, sebab dating pada saat
sangat dibutuhkan, yaitu kebutuhan dana untuk melanjutkan kehidupan keluarga,
pada sumber utama penghasilan terputus/hilang. Uang santunan yang diterima akan
merupakan salah satu alat untuk mempertahankan kerukunan dan keutuhan keluarga.
3.
Menghilangkan Ketergantungan
Sering kita jumpai bahwa perkembangan yang tidak
menguntungkan yang dialami seseorang adalah disebabkan oleh factor-faktor
ekonomi/keuangan yang dialami oleh oranglain, kepada siapa orang yang
bersangkutan tergantung. Misalnya: kesempatan bagi anak-anak untuk memperoleh
kesuksesan dimasa datang akan sangat dikuarangi karena tidak tersediany
sumber-sumber dana yang memadai akibat ketidak mampuan orang tuanya, karena
sudah tdak mampu bekerja,menganggur dan
sebagainya.
4. Menjamin
Kehidupan Wanita Karir
Dewasa ini banyak wanita yang sengaja tidak memasuki
janjang kehidupan brumah tangga, karena ingin mengejar karier dan tidak mau
menggantungkan dirinya kepada orang lain, terutama yang menyangkut kebutuhan
ekonominya.
5. Kontribusi
Terhadap Pendidikan
Perusahaan-perusahaan asuransi jiwa telah jauh-jauh
memberikan perhatian khusus dalam masalah penyediaan dana bagi kelanjutan
pendidikan anak-anak setelah orang tua atau yang bertanggung jawab membiayainya
meninggal dunia atau menurunnya kemampuannya. Penghasilan sendiri, sehingga
akan mengalami kesulitan untuk melanjutkan pendidikannya.
6. Kontribusi
Terhadap Lembaga-Lembaga Sosial
Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar dari
lembaga-lembaga social yang memberikan jasa-jasa social yang sangat penting
bagi masyarakat ( panti-panti asuhan, panti pendidikan penderita cacad dan
sebagainya ), menggantungkan sebagian besar kebutuhan dana operasionalnya dari
sumbangan atau hadiah dari berbagai pihak ( para “Donatur “), yang umumnya
terdiri dari para pengusaha.
7. Memberikan
Manfaat Terhadap Pemupukan Kekayaan
Setiap orang umumnya mempunyai pandangan dan rencana
untuk dapat memenuhi kebutuhan masa depannya sendiri maupun untuk orang-orang
yang tergantung kepadanya.
Sehubung dengan hal tersebut, seseorang dengan
tingkat penghasilannya yang diperoleh saat ini akan dapat menghitung atau
menentukan jumlah kekayaan yang diinginkan, yang dapat diakumulasikan selama
jangka waktu tertentu. Untuk mereralisir keinginan tersebut, salah satu cara
yang dapat ditempuh dengan menutup atau membeli polis asuransi untuk sejumlah
kekayaan ( dana ) yang diinginkan. Dengan demikian kekayaan yang diinginkan
tersebut pasti dapat tersedia pada saat diperlukan, sesuai dengan yang telah
direncanakan.
8. Stimulasi
Menabung
Secara sempit memang dapat dikatakan bahwa asuransi
adalah berhubungan masalah ganti rugi, tetapi mengingat dala asuransi jiwa
telah ditambahkan klausul dimana unsur penabungan lebih ditonjolkan, maka
unsure ini tidak dapat diabaikan begitu saja dalam membahas peranan asuransi.
Masalah ada sejumlah perusahaanasuransi jiwa yang memberikan tekanan khusus
pada unsur tabungan tersebut. Disamping itu juga mulai diintrodusir
penggabungan / pengombinasian program asuransi tabungan.
9.
Menyediakan Dana Yang Dibutuhkan Untuk Investasi
Meskipun sebetulnya bukan merupakan fungsi utama
dari asuransi, tetapi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan asuransi
telah berkembang sedemikian rupa, sehingga memegang peranan yang cukup penting
dalam menyediakan dana yang dibutuhkan dalam berbagi macam kegiatan maupun
pembangunan ekonomi.
Refrensi :
http://stiebanten.blogspot.com/2011/06/macam-macam-jenis-jenis-resiko.html
0 komentar:
Posting Komentar