PROPOSAL USAHA
BONEKA
Di Susun Oleh :
Nama : Nindy
Chairun Nisa
NPM : 55212335
KELAS : 2 DF 02
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
BAB I
Pendahuluan
I.Latar Belakang
Dalam
memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui
adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.Bagaimana peluang pasar yang
hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order
tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan
kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan
mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah
persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa
malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan.
Jangan
lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi.Semakin
besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani
mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
Usaha
kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual dari segala macam boneka yang sesuai dengan selera pelanggan khususnya
untuk anak kecil.
Sebelumnya
kami ingin menjalankan perusahaan yg kami rencanakan ini,maka kami harus
mempunyai modal usaha.Untuk merencanakan pemasaran,perusahaan kami akan
mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar modern,pasar modern yang mudah di jangkau oleh para
konsumen.
II.Tujuan
1.Menyediakan
kebutuhan boneka untuk suatu hadiah atau koleksi
2.Mengurangi tingkat
pengangguran
3.Menarik minat
konsumen
4.Mencari
keuntungan/laba
5.Mencapai target
penjualan
III.Visi Dan Misi
Visi
Menjadi perusahaan di bidang boneka yang mampu
bersaing dengan keunikan boneka oleh masyarakat Indonesia.
Misi
·
Berupaya untuk
berinovasi dalam menciptakan aneka produk yang diciptakan.
·
Berusaha untuk
menyediakan koleksi boneka dari berbagai dunia, kualitas yang bagus dan murah di kalangan pesaing atau
kompetitor.
·
Menyediakan jasa online
dan sistem pemesanan yang memudahkan para konsumen dalam melakukan pemesanan
IV.Moto Perusahaan
“Mau makan yang Delicious? Makan Pasta Fusillicious”
V. Data Perusahaan
No.
|
Nama
Perusahaan
|
Doll Company
|
1
|
Bidang
Usaha
|
Boneka
|
2
|
Jenis
Produk/Jasa
|
Boneka
|
3
|
Alamat
Perusahaan
|
Jl.
Kalimalang Raya No.1
|
4
|
Nomor
Telepon
|
|
5
|
Alamat
E-mail
Alamat
Twitter
Alamat
Facebook
Alamat
Blog
|
dollvicii@yahoo.com
@dollcompany
Doll Company
dollcompany.blogspot.com
|
7
|
Bentuk
Badan Hukum
|
-
|
8
|
Nomor
Akte Pendirian
|
-
|
9
|
NPWP
|
-
|
10
|
Mulai
Berdiri
|
21
Oktober 2013
|
No.
|
Nama
|
Fikri
Sylvia Saan
|
1
|
Jabatan
|
CEO
( chief executive office )
|
2
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
29 September 1994
|
3
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Kincan Raya No.1 Jatibening Baru Bekasi
|
4
|
Nomor
Telepon
|
089688290019
|
5
|
Alamat
E-mail
|
|
6
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMK
|
7
|
Pengalaman
Kerja
|
Human
Resources Department di PT.Yamaha Indonesia
|
No.
|
Nama
|
Ismi
Nurarini
|
1
|
Jabatan
|
Financial
Manager
|
2
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Palembang,
21 November 1994
|
3
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Jati Makmur Pondok Gede Bekasi
|
4
|
Nomor
Telepon
|
081380780000
|
5
|
Alamat
E-mail
|
|
6
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
7
|
Pengalaman
Kerja
|
-
|
No.
|
Nama
|
Nindy
Chairun Nisa
|
1
|
Jabatan
|
Production
Manager
|
2
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
6 Januari 1994
|
3
|
Alamat
Rumah
|
Pulo
Gebang Permai Jakarta Timur
|
4
|
Nomor
Telepon
|
081295260600
|
5
|
Alamat
E-mail
|
|
6
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
7
|
Pengalaman
Kerja
|
Sales
Promotion
|
No.
|
Nama
|
Riza
Temas Miko
|
1
|
Jabatan
|
Marketing
Manager
|
2
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Bekasi,
14 Juli 1994
|
3
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Melon Tridaya Indah 4 Tambun Bekasi
|
4
|
Nomor
Telepon
|
08998009740
|
5
|
Alamat
E-mail
|
|
6
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
7
|
Pengalaman
Kerja
|
-
|
BAB II
KEGIATAN USAHA
1.Isi Business Plan
A.Konsep Promosi
Membuat sebuah display
di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke
pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga
membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat
luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini
kami optimis “Doll Vicii” akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
B.Target Pelanggan
Target pelanggan Doll
Vicii ini adalah : anak kecil atau orang dewasa yang sedang terpengaruh oleh banyaknya
film animasi yang uptodate. Mereka adalah pengkoleksi boneka yang memiliki ciri
khas tertentu.
C.Perspektif
Masa Depan Usaha
Bidang perdagangan
boneka ini menjual grosiran supaya makin bershabat dengan harganya juga yang
murah.Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, dengan lokasi yang strategis, maka
kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan kolektor di
kalangan masyarakat terutama sekitar JABODETABEK pada saat ini sangat
besar.
2.Analisis Usaha
A.Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usahaboneka ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja boneka
grosiran dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
B.Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Doll Vicii membidik
pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak
menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana
kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas
dengan layanan kami,nyaman dengan suasana desain dan senantiasa kembali ke
tempat kami. Karena segmen pasar usaha boneka ini cenderung
kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha boneka
lainnya.
Hal ini mendorong
kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
C.Produk yang
Dihasilkan
Keistimewaan
Pasta Fusillicious
·
Harga relatif
terjangkau untuk semua kalangan
·
Menggunakan produksi sendiri
D.Analisis 4P
a. Produk :
·
Tipe : Boneka
·
Merek : Doll Vicii
·
Kualitas : Murah dan kualitas bagus
·
b. Price :
Price List :
Rp. 25.000,00 - Rp 1.000.000,00
c. Promotion :
·
Personal selling : Menjual kepada konsumen secara
langsung
·
Advertisement : Menjual melalui media social ( Facebook,
Twitter
Blog, Email )
d.Place
Lokasi : Bertempat di kalimalang.
E.Analisis SWOT dan TOWS
SWOT / TOWS MATRIX
PASTA FUSILLI
|
STRENGTH ( Kekuatan )
1.
Memiliki SDM yang
handal.
2.
Memiliki tampilan
yang menarik.
3.
Harga relatif
terjangkau.
4.
Manajemen produksi
yang baik.
|
WEAKNESS (Kelemahan)
1. Terbatasnya
SDM.
2. Produk
belum dikenal konsumen.
3. awet dan tahan lama
|
OPORTUNITIES ( Peluang )
1. Dengan
harga yang terjangkau dapat meraih laba yang tinggi.
2. Perilaku
masyarakat Indonesia yang suka mengkoleksi boneka terutama anak-anak.
|
S.O
1. Memberikan
harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas.
2. Memberikan
harga promo dan strategi penjualan.
|
W.O
1. Menambah
SDM jika diperlukan.
2. Menggunakan bahan yang baik.
|
THREATS (Ancaman)
1.
Banyaknya pesaing
yang sejenis.
2.
Selera konsumen yang
berubah-ubah.
3.
Harga bahan naik.
|
S.T
1. Memberikan keunikan setiap bonekaa
2. Mempertahankan kulitas yang baik dan mudah terjangkau.
|
W.T
1.
Menambah kapasitas
produksi.
2. Mempertahankan
keorisinilan kualitas.
|
3.Deskripsi
Tentang Usaha
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap
pelayanan yang berhubungan dengan animasi dalam perfilman Barat,Hollywood
dan kartoon animasi, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha boneka yang
up to date dan mengerti akan kebutuhan konsumen.
Daerah sekitar jakarta
ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat
sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan
kebutuhan aneka boneka dari seluruh penjuru.
Doll Vicii didirikan
untuk mempelopori kecintaan generasi kecil dalam bidang perdaangan boneka yang up
to date tanpa merusak corak dan ciri khasnya.
4.Rencana
Produksi
Dalam setiap perkembengan dan kemajuan usaha boneka kami akan
mengembangkan usaha cabang-cabang boneka di daerah sekitar jabodetabek.Usaha
kami memeberikan solusi bagi pelanggan yang suka atau senang mengkoleksi dan
memeberikan sebuah hadiah kepada orang yang di cintai dari berbagai macam boneka dari seluruh negara
dan kami menerima pesanan sesuai konsumen dan seusuai standar uptodate untuk
memberikan kesan yang menarik.Dan tidak hanya itu kami juga menjual dengan
harga yang menarik tapi tetap terjangkau juga kualitasnya dan paketnya.
5.Rencana Pemasaran
A.Penetapan Harga
Harga
yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh
masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami
tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang
ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk Boneka
|
Harga
|
1
|
Kecil
|
> Rp. 35.000,-
|
2
|
Sedang
|
> Rp. 60.000,-
|
3
|
Besar
|
> Rp. 100.000,-
|
4
|
Paket Kecil (4pcs)
|
> Rp.100.000,-
|
5
|
Pket Sedang (3pcs)
|
> Rp. 150.000,-
|
6
|
Paket Besar (2pcs)
|
> Rp. 175.000,-
|
7
|
Paket Mini (12pcs)
|
> Rp. 200.000,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 10.000,- s.d Rp. 100.000,-
|
B.Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi yang
dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-banyaknya.
C.Strategi
Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan
kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
• Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
• Membuat
catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro
6.Rencana Permodalan
A.Sumber-Sumber
permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Doll Vicii yaitu
dari pemilik usaha boneka itu sendiri. Sebagai investasinya untuk itu
didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
Neraca Permulaan Perusahaan
a) Biaya produksi
per tahun terdiri dari:
1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
|
Rp. 40.000.000,-
|
Kulakan boneka grosir
|
Rp. 500.000.000,-
|
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 5.000.000,-
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 55.000.000 ,- +
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 600.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
· Listrik Rp.
12.000.000,-
· Asuransi Rp.
11.000.000,-
· Transportasi Rp. 6.500.000,-
· Administrasi Rp. 4.500.000,-
· Pajak Rp. 2.750.000,-
· Pemeliharaan
gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal
produksi Rp.
710.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,- +
Total Rp.
667.250.000
B.Proyeksi Aliran Kas
Untuk toko boneka kami
proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro
kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika
diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 400 – 600 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun
kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 2, 3 dan
seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan
untuk ekspansi ke luar daerah.
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
Biaya tetap
|
||
1. Penyusutan
gedung dan peralatan
|
Rp. 5.000.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp. 55.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 60.000.000,-
|
|
Biaya variable/ produksi
|
||
Kulakan baju grosir
|
Rp. 500.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 500.000.000,-
|
|
Biaya-biaya lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp. 6.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 36.750.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 596.750.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan aneka pakaian dan fashion
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 596.750.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 2363.250.000,-
|
|
7.Rencana Organisasi
Rencana dan tujuan taktis merupakan tanggung jawab dari
pemilik usaha boneka. Seorang pengusaha akan merumuskan rencana taktis yang
berfokus pada tindakan utama yang harus diambil visi untuk menjalankan perannya
dalam rencana strategis .Rencana operasional merupakan prosedur atau proses
khusus yang dibutuhkan tingkat bawah dari sebuah organisasi, seperti karyawan. Pengusaha
mengembangkan rencana operasional ini yang berfokus pada tugas dan proses
khusus, dan hal ini mendukung dalam pemenuhan rencana taktis dan strategis.
Perencanaan akan mendukung tingkatan lainnya.
Dalam jangka pendek usaha boneka kami akan meningkatkan
variasi boneka dari nusantara,internasional dan disney.Dalam jangka panjang
usaha kami akan meningkatkan kualitas sesuai standar nasional dan
internasional.dan pembangunan desain tata ruang toko usaha akan sesuai
kenyamanan pelanggan dan tidak merusak boneka.
8.Resiko
Resiko
usaha diantaranya adalah :
a. Kehilangan modal apabila piutang tidak terbayarkan oleh konsumen.
a. Kehilangan modal apabila piutang tidak terbayarkan oleh konsumen.
b.
Kehilangan dan kerusakan peralatan apabila memiliki karyawan yang tidak
terampil dan kompeten.
c.
Kehilangan karyawan / personil yang handal apabila tidak dapat menangani dengan
baik dalam bidang upah, kesempatan berkarier, fasilitas kerja, wewenang,
tanggung jawab, kebijakan, kesalahpahaman manajeman internal.
d.
Kehilangan kepercayaan konsumen karena tidak mampu memberikan barang atau jasa
yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen.
e.Kehilangan
kepercayaan supliyer yaitu resiko usaha yang berakibat ditinggalkan oleh pihak
luar perusahaan yang menjadi pemasok kebutuhan perusahaan.
9.Kesimpulan
Setiap
usaha yang dikembangkan ingin seorang pemiliknya mempunyai harapan yang di
inginkan yaitu untuk usaha “DOLL VICII” ialah supaya produk ini bisa lebih
berkembang dan maju pesat di sekitar jakarta lalu jabodetabek,dan terakhir go
internasional.
Setelah
melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1. Seorang pengusaha harus dapat mengetahui
manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan
pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2. Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha
harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran yang akan dituju.
0 komentar:
Posting Komentar