PROPOSAL USAHA
BONEKA
Di Susun Oleh :
Nama
: Nindy Chairun Nisa
NPM
: 55212335
KELAS : 2
DF 02
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
BAB I
Pendahuluan
I.Latar Belakang
Dalam memulai usaha
dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang
pasar dan bagaimanan menggaet order.Bagaimana peluang pasar yang hendak kita
masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang
kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita
dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi
harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan
keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan
perang batin antara berkeinginan dan keraguan.
Jangan lupa harus siap
menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi.Semakin besar
untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani
mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
Usaha kami bergerak di
bidang perdagangan yang menjual dari segala macam boneka yang sesuai
dengan selera pelanggan khususnya untuk anak kecil.
Sebelumnya kami ingin menjalankan
perusahaan yg kami rencanakan ini,maka kami harus mempunyai modal usaha.Untuk
merencanakan pemasaran,perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan
produk kami melalui pasar modern,pasar modern yang mudah di jangkau oleh
para konsumen.
II.Tujuan
1.Menyediakan kebutuhan boneka untuk suatu
hadiah atau koleksi
2.Mengurangi tingkat pengangguran
3.Menarik minat konsumen
4.Mencari keuntungan/laba
5.Mencapai target penjualan
III.Visi Dan Misi
Visi
Menjadi perusahaan di bidang boneka yang mampu
bersaing dengan keunikan boneka oleh masyarakat Indonesia.
Misi
· Berupaya untuk
berinovasi dalam menciptakan aneka produk yang diciptakan.
· Berusaha untuk
menyediakan koleksi boneka dari berbagai dunia, kualitas yang bagus dan murah
di kalangan pesaing atau kompetitor.
· Menyediakan jasa
online dan sistem pemesanan yang memudahkan para konsumen dalam melakukan
pemesanan
IV.Moto Perusahaan
“Mau makan yang Delicious? Makan Pasta Fusillicious”
V. Data Perusahaan
No.
|
Nama Perusahaan
|
Doll Company
|
1
|
Bidang Usaha
|
Boneka
|
2
|
Jenis Produk/Jasa
|
Boneka
|
3
|
Alamat Perusahaan
|
Jl. Kalimalang Raya No.1
|
4
|
Nomor Telepon
|
|
5
|
Alamat E-mail
Alamat Twitter
Alamat Facebook
Alamat Blog
|
dollvicii@yahoo.com
@dollcompany
Doll Company
dollcompany.blogspot.com
|
7
|
Bentuk Badan Hukum
|
-
|
8
|
Nomor Akte Pendirian
|
-
|
9
|
NPWP
|
-
|
10
|
Mulai Berdiri
|
21 Oktober 2013
|
No.
|
Nama
|
Fikri Sylvia Saan
|
1
|
Jabatan
|
CEO ( chief executive office
)
|
2
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Jakarta, 29 September 1994
|
3
|
Alamat Rumah
|
Jl. Kincan Raya No.1
Jatibening Baru Bekasi
|
4
|
Nomor Telepon
|
089688290019
|
5
|
Alamat E-mail
|
|
6
|
Pendidikan Terakhir
|
SMK
|
7
|
Pengalaman Kerja
|
Human Resources Department
di PT.Yamaha Indonesia
|
No.
|
Nama
|
Ismi Nurarini
|
1
|
Jabatan
|
Financial Manager
|
2
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Palembang, 21 November 1994
|
3
|
Alamat Rumah
|
Jl. Jati Makmur Pondok Gede
Bekasi
|
4
|
Nomor Telepon
|
081380780000
|
5
|
Alamat E-mail
|
|
6
|
Pendidikan Terakhir
|
SMA
|
7
|
Pengalaman Kerja
|
-
|
No.
|
Nama
|
Nindy Chairun Nisa
|
1
|
Jabatan
|
Production Manager
|
2
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Jakarta, 6 Januari 1994
|
3
|
Alamat Rumah
|
Pulo Gebang Permai Jakarta
Timur
|
4
|
Nomor Telepon
|
081295260600
|
5
|
Alamat E-mail
|
|
6
|
Pendidikan Terakhir
|
SMA
|
7
|
Pengalaman Kerja
|
Sales Promotion
|
No.
|
Nama
|
Riza Temas Miko
|
1
|
Jabatan
|
Marketing Manager
|
2
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Bekasi, 14 Juli 1994
|
3
|
Alamat Rumah
|
Jl. Melon Tridaya Indah 4
Tambun Bekasi
|
4
|
Nomor Telepon
|
08998009740
|
5
|
Alamat E-mail
|
|
6
|
Pendidikan Terakhir
|
SMA
|
7
|
Pengalaman Kerja
|
-
|
BAB II
KEGIATAN USAHA
1.Isi Business Plan
A.Konsep Promosi
Membuat sebuah display
di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke
pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga
membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat
luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini
kami optimis “Doll Vicii” akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
B.Target Pelanggan
Target pelanggan Doll
Vicii ini adalah : anak kecil atau orang dewasa yang sedang terpengaruh oleh
banyaknya film animasi yang uptodate. Mereka adalah pengkoleksi boneka yang
memiliki ciri khas tertentu.
C.Perspektif Masa Depan Usaha
Bidang perdagangan
boneka ini menjual grosiran supaya makin bershabat dengan harganya juga yang
murah.Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan,
dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini
akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan kolektor di kalangan
masyarakat terutama sekitar JABODETABEK pada saat ini sangat besar.
2.Analisis Usaha
A.Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan
dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usahaboneka ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja
boneka grosiran dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
B.Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Doll Vicii membidik pasar
kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak
menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana
kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas
dengan layanan kami,nyaman dengan suasana desain dan senantiasa kembali ke
tempat kami. Karena segmen pasar usaha boneka ini cenderung
kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha
boneka lainnya.
Hal ini mendorong kami
untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
C.Produk yang
Dihasilkan
Keistimewaan Pasta Fusillicious
· Harga relatif
terjangkau untuk semua kalangan
· Menggunakan
produksi sendiri
D.Analisis 4P
a. Produk :
· Tipe
: Boneka
· Merek
: Doll Vicii
· Kualitas
: Murah dan kualitas bagus
·
b. Price :
Price List : Rp. 25.000,00 - Rp
1.000.000,00
c. Promotion :
· Personal
selling : Menjual
kepada konsumen secara langsung
· Advertisement
: Menjual melalui media social ( Facebook, Twitter
Blog, Email )
d.Place
Lokasi
: Bertempat di kalimalang.
E.Analisis SWOT dan TOWS
SWOT / TOWS MATRIX
PASTA FUSILLI
|
STRENGTH ( Kekuatan )
1. Memiliki SDM yang handal.
2. Memiliki tampilan yang menarik.
3. Harga relatif terjangkau.
4. Manajemen produksi yang baik.
|
WEAKNESS (Kelemahan)
1. Terbatasnya SDM.
2. Produk belum dikenal konsumen.
3.
awet dan tahan lama
|
OPORTUNITIES ( Peluang )
1. Dengan harga yang terjangkau dapat meraih laba yang tinggi.
2. Perilaku masyarakat Indonesia yang suka mengkoleksi boneka terutama
anak-anak.
|
S.O
1. Memberikan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas.
2. Memberikan harga promo dan strategi penjualan.
|
W.O
1. Menambah SDM jika diperlukan.
2. Menggunakan bahan yang baik.
|
THREATS (Ancaman)
1. Banyaknya pesaing yang sejenis.
2. Selera konsumen yang berubah-ubah.
3. Harga bahan naik.
|
S.T
1. Memberikan keunikan setiap bonekaa
2. Mempertahankan kulitas yang baik dan mudah terjangkau.
|
W.T
1. Menambah kapasitas produksi.
2. Mempertahankan keorisinilan kualitas.
|
3.Deskripsi Tentang Usaha
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap
pelayanan yang berhubungan dengan animasi dalam perfilman Barat,Hollywood
dan kartoon animasi, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha boneka
yang up to date dan mengerti akan kebutuhan konsumen.
Daerah sekitar jakarta
ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat
sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan
kebutuhan aneka boneka dari seluruh penjuru.
Doll Vicii didirikan
untuk mempelopori kecintaan generasi kecil dalam bidang perdaangan boneka
yang up to date tanpa merusak corak dan ciri khasnya.
4.Rencana Produksi
Dalam setiap perkembengan dan kemajuan usaha boneka kami akan mengembangkan
usaha cabang-cabang boneka di daerah sekitar jabodetabek.Usaha kami memeberikan
solusi bagi pelanggan yang suka atau senang mengkoleksi dan memeberikan sebuah
hadiah kepada orang yang di cintai dari berbagai macam boneka dari
seluruh negara dan kami menerima pesanan sesuai konsumen dan seusuai standar
uptodate untuk memberikan kesan yang menarik.Dan tidak hanya itu kami juga
menjual dengan harga yang menarik tapi tetap terjangkau juga kualitasnya dan
paketnya.
5.Rencana Pemasaran
A.Penetapan Harga
Harga yang akan
dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan
sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis
Produk Boneka
|
Harga
|
1
|
Kecil
|
>
Rp. 35.000,-
|
2
|
Sedang
|
>
Rp. 60.000,-
|
3
|
Besar
|
> Rp.
100.000,-
|
4
|
Paket
Kecil (4pcs)
|
>
Rp.100.000,-
|
5
|
Pket
Sedang (3pcs)
|
>
Rp. 150.000,-
|
6
|
Paket
Besar (2pcs)
|
> Rp.
175.000,-
|
7
|
Paket Mini
(12pcs)
|
> Rp.
200.000,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp.
10.000,- s.d Rp. 100.000,-
|
B.Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami
yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual
produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah
dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
C.Strategi Promosi yang akan
dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada
perusahaan ini antara lain :
• Membuat pamphlet-pamflet
berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan iklan-iklan di
dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
• Membuat catalog-katalog
mengenai fashion yang sedang uptodate di distro
6.Rencana Permodalan
A.Sumber-Sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Doll
Vicii yaitu dari pemilik usaha boneka itu sendiri. Sebagai investasinya untuk
itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
Neraca Permulaan Perusahaan
a) Biaya
produksi per tahun terdiri dari:
1. Modal Awal produksi
Renovasi
Awal & Desain Interior
|
Rp. 40.000.000,-
|
Kulakan
boneka grosir
|
Rp.
500.000.000,-
|
Biaya Soft
Opening dan Promosi awal
|
Rp. 5.000.000,-
|
Biaya gaji
karyawan tahun pertama
|
Rp. 55.000.000
,- +
|
Jumlah
Modal Produksi
|
Rp.
600.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
· Listrik Rp.
12.000.000,-
· Asuransi Rp.
11.000.000,-
· Transportasi Rp. 6.500.000,-
· Administrasi Rp. 4.500.000,-
· Pajak Rp. 2.750.000,-
· Pemeliharaan
gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal
produksi Rp.
710.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain Rp. 42.750.000,- +
Total Rp.
667.250.000
B.Proyeksi Aliran Kas
Untuk toko boneka kami
proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro
kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika
diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 400 – 600 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun
kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 2, 3 dan
seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan
untuk ekspansi ke luar daerah.
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
Biaya
tetap
|
||
1. Penyusutan
gedung dan peralatan
|
Rp. 5.000.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp.
55.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 60.000.000,-
|
|
Biaya
variable/ produksi
|
||
Kulakan
baju grosir
|
Rp.
500.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 500.000.000,-
|
|
Biaya-biaya
lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp.
12.000.000,-
Rp.
11.000.000,-
Rp. 6.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 36.750.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 596.750.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan
aneka pakaian dan fashion
|
Rp.
960.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 596.750.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 2363.250.000,-
|
|
7.Rencana Organisasi
Rencana dan tujuan taktis
merupakan tanggung jawab dari pemilik usaha boneka. Seorang pengusaha akan
merumuskan rencana taktis yang berfokus pada tindakan utama yang harus diambil
visi untuk menjalankan perannya dalam rencana strategis .Rencana operasional
merupakan prosedur atau proses khusus yang dibutuhkan tingkat bawah dari sebuah
organisasi, seperti karyawan. Pengusaha mengembangkan rencana operasional ini
yang berfokus pada tugas dan proses khusus, dan hal ini mendukung dalam
pemenuhan rencana taktis dan strategis. Perencanaan akan mendukung tingkatan
lainnya.
Dalam jangka pendek usaha
boneka kami akan meningkatkan variasi boneka dari nusantara,internasional dan
disney.Dalam jangka panjang usaha kami akan meningkatkan kualitas sesuai
standar nasional dan internasional.dan pembangunan desain tata ruang toko usaha
akan sesuai kenyamanan pelanggan dan tidak merusak boneka.
8.Resiko
Resiko usaha diantaranya adalah :
a. Kehilangan modal apabila piutang tidak terbayarkan oleh konsumen.
a. Kehilangan modal apabila piutang tidak terbayarkan oleh konsumen.
b. Kehilangan dan kerusakan peralatan apabila memiliki
karyawan yang tidak terampil dan kompeten.
c. Kehilangan karyawan / personil yang handal apabila
tidak dapat menangani dengan baik dalam bidang upah, kesempatan berkarier,
fasilitas kerja, wewenang, tanggung jawab, kebijakan, kesalahpahaman manajeman
internal.
d. Kehilangan kepercayaan konsumen karena tidak mampu
memberikan barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen.
e.Kehilangan kepercayaan supliyer yaitu resiko usaha
yang berakibat ditinggalkan oleh pihak luar perusahaan yang menjadi pemasok
kebutuhan perusahaan.
BAB III
Kesimpulan
Setiap usaha yang dikembangkan ingin seorang
pemiliknya mempunyai harapan yang di inginkan yaitu untuk usaha “DOLL VICII”
ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju pesat di sekitar jakarta
lalu jabodetabek,dan terakhir go internasional.
Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil
kesimpulan :
1. Seorang pengusaha
harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk
kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2. Sebelum membuka
usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran
yang akan dituju.
0 komentar:
Posting Komentar