HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
Faktor
hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3
jenis sebagai berikut:
· Hambatan Teknis
Hambatan
jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap
kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan
fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan
baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran
komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
· Hambatan Semantik
Gangguan
semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara
efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat
bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas
bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk
menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata
yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan
mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata
yangdigunakannya.
· Hambatan Manusiawi
Hambatan
jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang
yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut
Cruden dan Sherman, hambatan ini
mencakup :
Hambatan
yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi,
umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi,
penyaringan informasi.
Hambatan
yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial
dan budaya, seperti suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut.
MEMPERBAIKI
KOMUNIKASI
Untuk dapat melakukan komunikasi yang
efektif diperlukan beberapa persyaratan,
atara
lain : persepsi, ketetapan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan /
keserasian.
Komunikasi
yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dengan
memperhatikan tiga hal sebagai berikut:
1.
Membuat satu pesan secara lebih berhati-hati
2.
Minimalkan gangguan dalam proses komunikasi
3.
Mempermudah upaya umpan balik antara si Pengirim dan si penerima pesan
Agar
komunikasi berjalan secara efektif dan efisien maka ada 3 hal yang sangat
penting yaitu :
1.
Mampu membuat pesan dipahami.
2.
Harus memahami pesan yang diharapkan yang dikirim kepada anda.
3.
Kendali atas proses komunikasi harus diterapkan.
Selain itu agar dapat melakukan komunikasi bisnis yang
efektif, seorang komunikan harus memiliki 3 kemampuan (skill), yaitu :
1.
Empati,
2.
Pembicara yang sederajat,
3.
Proyeksi atau menciptakan dampak.
Dengan demikian apabila komunikasi bisnis
berjalan secara efektif di suatu
perusahaan akan dapat menghasilkan beberapa hal
sebagai berikut :
·
Mempercepat
Penyelesaian Masalah.
·
Memperkuat
Pengambilan Keputusan.
·
Meningkatkan
Profesionalisme.
·
Memberikan Respon
yang Positif terhadap Stakeholder.
·
Meningkatkan
Produktivitas.
·
Memperkuat
hubungan Bisnis.
KESIMPULAN
Kendala
komunikasi bisnis Anda bisa bermacam-macam. Dengan kehati-hatian dan
kecermatan, sebagian besar kendala itu bisa diatasi dengan mudah. Dan
presentasi Anda, akan lebih bermakna.
Dengan
kendala yang bisa diminimalisir, presentasi Anda akan bermuara pada situasi
terbaik audience untuk mendengar dan mengerti apa yang menjadi MDA Anda.
0 komentar:
Posting Komentar